Investasi Alat – alat Kedokteran Gigi Part II (Alat - alat Dasar Pre Klinik dan Klinik I)


Halo Semuanya! Melanjuti post yang sebelumnya tentang investasi alat – alat kedokteran gigi part I, sekarang saya bakalan paparin alat – alat apa aja yang bisa kalian cicil selama masa kuliah. List ini saya buat berdasarkan pengalaman saya, brand maupun spesifikasi juga berdasarkan pengalaman pribadi saya. Ada beberapa alat yang mungkin kalian akan beli ulang ketika menginjak klinik, tapi saya rasa saat itu kalian udah lebih paham alat apa aja yang bener bener kalian butuhkan dengan cara mendata ulang alat – alat praktikum kalian yang kurang, hilang, ataupun udah ga layak terutama jarum jarum endo.

Postingan ini saya bagi dalam beberapa bagian supaya kalian lebih mudah mencernanya dan menghindari saya mengulang alat yang bisa dipakai lintas lab. Oiya balik lagi ke postingan sebelumnya, ada 2 opsi kalian bisa beli paketan atau nyicil, dan sepengalaman saya dalam paketan itu kalian bisa pilih untuk ngambil langsung semua item atau beli beberapa aja, paham ? (kayaknya engga deh wkwkwk)

Okey, jadi gini misalkan dalam list paket yang ditawarkan ada 10 item, kalian boleh belanja 5 atau sesuai kebutuhan kalian aja, tetep dilayani dan harganya tetep sama dihitung per item. Setau saya Cuma lab prostho aja sih yang buka paketan.

Alat – alat Dasar :

      1.      Alat OD (Oral Diagnose)
Sebagai mahasiswa koas saya punya 4 set alat OD. Satu set alat OD terdiri dari 6 item, kalian belinya yang standar aja, karena di klinik/pre klinik nanti rawan banget alat dipinjem pinjem dan ujung ujungnya hilang, jadi sayang banget kalo kalian misalnya beli alat OD yang spesifikasi tinggi misalnya kaya kaca mulut depan belakang, kaca mulut yang kacanya tidak membayang, nanti di pinjem dan hilang, wah sayang duitnya.
Set alat OD ini terdiri dari Pinset, Kaca mulut no 3, kaca mulut no 4, sonde bengkok, sonde lurus, dan eskavator.
Masing – masing punya fungsinya ya, jadi usahain memang dalam satu set yalat OD yang kalian punya terdiri dari spek di atas.

      2.       Box alat
Nah ini sebenernya bebas sih mau pake box organizer yang mana, Cuma kebanyakan kita belinya di ace hardware, selain kualitasnya bagus, barangnya juga bagus wkwkwk… dan box organizernya juga banyak sekat sekatnya, walaupun punya saya engga ada sekatnya.

      3.       Artikulator
Artikulator ini butuhnya 2, waktu pre klinik saya belinya yang Merk Medesy sama Dentica. Tapi pas klinik saya pakenya cuma 1 aja hehehe… Ini articulator biasa, komponen pentingnya itu pinnya, sama aja sih mereka spesifikasinya cuma merk Medesy harganya 880.000 kalo Dentica 440.000, btw ini harga th 2015 ya. Kalo kalian kerjain GTJ pas klinik nanti laboratorium biasanya minta articulator yang ada magnetnya (merk Handy) ini harganya udah 2.200.000 terakhir saya liat, dan waktu kerja GTJ akhirnya saya minjem sama temen saya.
Ada cerita juga waktu beli articulator, jadi pas itu kita satu angkatan belanjanya kolektif dan beli di salah satu dental depo, jadi kita dapet diskon per item 10% deh padahal engga pameran.

      4.       Handpiece Highspeed
Nah handpiece ini casenya khusus nih, saya ada beli yang dijual d e-commerce harganya 900 ribu tapi baru dipake beberapa kali udah engga makan, jadi rotasi burnya ga sesuai. Handpiece ini kalian pake dari pre klinik sampe klinik sampe kalian jadi dokter gigi. Saya juga ada beli yang 1,5 juta tapi karena arus perpinjaman alat begitu kencang, hilanglah handpiece itu :(
Jadi baiknya belilah yang bagus dan bener bener jaga, jangan kasi jatuh karena dia rawan banget bearing sama konektor holenya masalah kalo udah jatuh. Habis make jangan lupa dikeringkan dengan air syringe, lalu diminyaki dengan minyak handpiece, supaya mesinnya tetep oke dan konektornya ga mudah karat serta simpan d dalam box untuk menghidari benturan.
Handpiece ada banyak merk sih dan sebenernya bagus semua asalkan mereka ORIGINAL! Tolong dicatat. Jadi pastikan kalian belinya di distributor resmi ya, seperti Dental Depo, jadi kalo ada masalah kalian bisa pastiin servicenya di mana.
Oiya Dental Depo di Bali yang saya tau ada Cobra Dental, Bintang Saudara, Royal Dent, sama Tatia Dental. Untuk alamatnya, ketik aja nama mereka di google, nanti ada kok alamat storenya, kecuali Royal dent, dia d depan praktekan drg Budi serong sedikit pokoknya.
Dental Depo ini sering ikutan event – event FKG kok, jadi kalo kalian belinya pas mereka pameran bisa dapetin diskon barang.
PENTING : Semua alat di kampus kita konektornya yang 4 hole, jadi pastiin kalian belinya yang 4 hole ya!!!

      5.       Mikromotor
Saya agak ragu ragu sih nyaranin beli ini, karena sekarang dental chairnya RSGM udah bagus bagus jadi liat banyak yang make handpiece lowspeed, Cuma saya gatau di lab pre klinik sekarang ada apa engga (waktu jaman saya engga ada) dan sebenernya waktu pre klinik alat ini seringnya dipake berjamaah dan harganya juga lumayan sih yang baru. FYI Mikromotor saya beli  th 2015 merk shaeshin strong 3,5 juta include handpiece.
Apa bedanya handpiece low speed sama mikromotor ?
Jadi kalo mikromotor itu mesin yang dijalankan sama listrik yang include sama handpiece low speed ada yang conta angle sama straight angle. Tapi handpiecenya ini khusus jadi nggak bisa dipasangin di dental chair karena konektornya beda.
Kalau handpiece lowspeed ya dia handpiecenya aja, saya belum pernah beli handpiece aja sih, karena saya belinya mikromotor :’)
Ada banyak merek sih untuk mikromotor untuk di kampus beli yang sedang sedang saja, ga terlalu murah juga jangan yang paling mahal. Inget, alat alat listrik macam gini pastiin aja dental deponya mau servisin kalo dia masalah. Alat ini berguna banget hampir semua lab make alat ini kecuali BM, OM sama IKGM, btw Baksos bawa alat ini loh, pake polish sama ngurangi kelebihan tumpatan.

Okey, untuk alat alat dasar saya kira ini cukup ya, nanti ada postingan selanjutnya tentang alat alat spesifik per lab.  Nah ini aja udah lumayan banget kan, lebih dari 5 juta padahal belum semuanya, bayangin kalo kalian salah alokasiin dana, budget kalian bisa bengkak. Kalian juga bisa diskusi dengan angkatan atas terdekat dari kalian, karena maklum saya kan mahluk lingsir, pasti ada requirements yang berubah. Kaya zaman saya masih pake amalgam jadi masih beli alat alat amalgam, sekarang kayaknya engga boleh deh, apalagi depkes udah mencanangkan Indonesia bebas bahan medis berbahan mercury tahun 2020.

Kenapa juga saya mau share ini, karena saya engga ada keluarga dokter gigi atau kenal dengan dokter gigi, nekat aja saya kuliah di kedokteran gigi, jadi banyak banget kagetnya. Nanya ke kakak kelas palingan yang 1 tingkat di atas pada saat itu juga engga banyak membantu, karena mereka juga belum punya gambaran holistic pada saat itu sedangkan butuh cepet. Sekarang sih udah bisa, karena selain udah kelamaan di kampus juga, saya juga ada beberapa pengalaman yang bisa di share lah sama kalian.

Oiya kalo ada yang bingung bingung, silahkan di komentar aja ya. Biar nanti juga dibaca sama yang punya kebingungan yang sama. Saya usahain jawab sejelas mungkin. Akhir kata sampai jumpa di post selanjutnya ….

Comments