Investasi Alat – alat Kedokteran Gigi Part I (Pilihan Belanja dan Manajemen Dana)


 Investasi ga cuma uang, senyum juga investasi gengs - dian 2019

Halo Semuanya!  Saat pertama kali masuk kuliah, saya excited banget dengan kehidupan kampus. Saya inget waktu itu pertama kali dikasi pegang uang banyak, karena kebetulan orang tua saya di Lombok jadi uang jajan saya meningkat sangat drastis. Uang banyak, tapi ga dibarengi pengetahuan manajemen keuangan membuat semua uang itu mengalir ke perut saya dalam bentuk makanan :’) Saya ga memilih instrumen investasi yang tepat, walaupun sebenernya lemak perut memiliki sifat  instrumen investasi yang sangat baik yaitu tanpa biaya admin, terpercaya, tidak mudah hilang dan bunga lemak yang sangat tinggi :’) namun, saya ga saranin kalian buat investasi di lemak perut :)


Okhay, sistem perkuliahan di FKG Unmas ini, praktikum pre klinik akan kalian jalani di semester 6 dan itu bener bener  ngabisin dana yang sangat sangat lumayan karena kalian belanja alat dalam jumlah yang cukup banyak. Alat juga ga selalu tersedia, karena demand sangat tinggi dalam waktu singkat sedangkan dental depo ga stock banyak. Saya inget waktu itu banyak banget beli alat yang salah, atau beli alat yang ga prioritas dan beli alat yang ga dipake. Sebenernya saya dapet beberapa saran, cuma saya bingung harus eksekusi yang mana dan akhirnya keteteran.


Sebelum saya nge-list alat apa aja yang saya pake waktu preklinik dan klinik yang bisa kalian cicil sedari dini saya akan nyebutin berbagai tawaran yang bisa jadi pilihan kalian dalam membeli alat, serta manajemen alokasi dananya.


Pertama, Belanja Paketan. Nanti di akhir semester 5 atau di awal semester 6, Lab. Prosto bakalan keluarin list paketan yang berisikan barang barang untuk pre klinik, kalo ga salah terdiri dari artikulator (merk : Medesy dan Dentica) , aneka spesifikasi bur untuk GTJ (Gigi Tiruan Jembatan), pisau gips, pisau malam, pisau model, bowl, spatle, kuvet, alat press, pensil tinta, dll. Enaknya beli paketan, kalian ga perlu ribet dalam hunting alat, selain itu spesifikasinya sudah sesuai dengan yang kalian gunakan di pre-klinik, kekurangannya cuma dana yang kalian harus siapin cukup besar.


Nah! solusi dari penyediaan uang ini, kalian sedini mungkin bisa beli celengan khusus buat nabung uang belanja pre-klinik. Jadi setiap bulan alokasiin dana 100/200 ribu tergantung kemampuan menabung kalian dan panen saat pre klinik. Adapun juga kalian bisa ikut tabungan berjangka di bank, yang setiap bulannya uangnya otomatis dipotong sesuai dengan permintaan kalian, namanya tabungan berjangka dan sifatnya tanpa bunga, uang ga bisa ditarik sebelum jatuh tempo, dan diperpanjang setiap tahun. Untuk tabungan berjangka bisa ke bank terdekat ya :’D hehehe….


Kedua, Belanja Nyicil. Saya ga saranin belanja nyicil ini kalian lakuin asal asalan wkwkwk… jadi tetep ada strateginya. Selama kuliah nanti kalian bakalan ngikutin yang namanya seminar baik SWORD maupun BaliDence (Bebas!) dan di Bali banyak banget event kedokteran gigi, yang pasti ada pameran alat di sana. Biasanya dalam pameran ada diskon khusus yang diberikan daripada kalian belanja ke toko ga ada angin ga ada ujan. Diskonnya bisa sampe 20% dari harga toko! Bayangin kalo kalian pesen handpiece highspeed harga 2.000.000 bisa dapet diskon sampe 400.000, lumayan banget kaaann…


Untuk list alat yang bisa kalian cicil, saya akan buat di postingan terpisah supaya post ini ga terlalu panjang dan kalian ga terlalu bingung bacanya, jadi tetep enjoy dan santuy ya gengs hahaha...

Comments